Setting HP N6600 jadi Modem Internet

Assalamualaikum,

(ini posting pertama kali lho..:D)
Pernah suatu ketika ada yang bilang klo N6600 bisa dijadiin modem utk internet, Wow surprise…!!! tp jd bingung, jgn2 ak yang gaptek he3…

Gini, langkah pertama, siapin bahan2 berikut ini :
1. Komputer, OS Windows, terserah SP1 pa SP2
2. Hape N6600
3. Bluetooth Merek BlueSoleil, harga pas beli 50rb..he3

Software yang diperluin :
1. Driver bawaan dari BlueSoleil
2. Nokia Modem Option buat N6600, bs download di website punya Nokia, ato googling aja..:D
(Nokia_6600_Modem_Options.exe)
Setelah bahan2 udah disiapin semuanya, kita mulai (let’s get it on!!) :
1. Install Driver bawaan bluesoleil ( di Yes Yes terus aza…)
2. Kemudian Install Nokia_6600_Modem_Options.exe-nya…
3. Udah selesai!!! untuk tahap penginstalan…hehe..

Nah ini dia, tahap krusialnya yaitu bagian setting menyeting…
1. Aktifkan Bluetut di Hape
2. Buka Phone and Modem Options (Control Panel), Pilih Tab Modem –> Add –> Kasih Centang di “Dont Detect my Modem, i will select from my list” –> Next –> Di Manufacturer, pilih Nokia, di Model pilih Nokia 6600 –> Next –> Selected Ports, pilih Com12 (ini utk bluesoleil). –> Next –> Bila minta di install, install –> Continue Anyway –> sampai Finish.
3. Bila proses ke-2 berhasil, maka akan muncul Nokia 6600(Bluetooth) di Nokia Modem Options (buka Control Panel).
4. Pada Nokia Modem Options,
– Pilih di Installed Modem (Nokia 6600 Bluetooth)
– Connection Method (Modem)
– Gprs Access Point (www.indosat-m3.net) –> soalnya ak pake M3..he3
5. Lalu OK….

Sekarang kita coba koneksiin lewat software yg diinstalin dari driver bawaan bluesoleil,
Start Menu – Program – IVT Bluesoleil.
1. Blututnya di aktifin dulu loh…..
2. Klik di bulatan warna merah (utk searching blutut yg aktif)
3. Ketika sudah muncul blutut kita, misal nama blutut hape kita SMALL VIRUS, klik 2x di SMALL VIRUS kita ini, maka akan muncul service di bluesoleil yang bisa digunakan adalah service yang berubah warna menjadi agak kekuningan…
4. Klik di Bluetooth Dial Up Networkiing Service, masukkan username dan password utk GPRS dari IM3, yaitu gprs (username) im3 (passwordnya), *99***1# masukkan di field Dial.
5. Connect, tunggu beberapa saat. dan tarara..!!connect bo!! selamat surfing ke net, pke modem hape…hehe…

Untuk provider laen, silahkan googling untuk username dan passwordnya.. perbedaannya cuma terletak disitu, proses setting hardwarenya sama, kecuali jika temen2 pake hape selain n6600 hehe…

Wassalamualaikum..

97 thoughts on “Setting HP N6600 jadi Modem Internet

  1. dunk says:

    saya baru mo coba pake bluteeth neh…kira kira itu koneksi nya stabil ga?
    dulu saya coba pake irda,dengan tipe hp yang sama koneksinya sering putus putus,padahal sinyal nya bagus…

    satu lagi nokia 6600 bisa pake kabel data ga?
    klo bisa kira kira bagusan mana pake kabel data atau blueteeth ya? }:/

    makasih brow..!

  2. leebra says:

    @dunk :
    Ini link utk download nokia modem optionsnya http://www.nokia.co.id/nokia/0,8764,91717,00.html

    Setau saya koneksi pake blutut lebih stabil klo dibandingin ma Irda, karena blutut bs menjangkau sampe bbrp meter (3-5 meter, kata si pembikin produk si 100 meter tp sya gak yakin hehe), sedangkan koneksi menggunakan Irda harus “amat sangat dekat” posisi antara port Irda handphone dengan port Irda komp kita.

    Kemungkinan, koneksi anda sering putus2 karena port Irda hape dengan port Irda kompie kurang deket. Tapi mgkn lho..cos saya lum nyoba pake Irda…hehe

    Saya pernah nny ke call centernya Nokia, kt-y gak ada kabel datanya..

    Kalo dibandingin antara Blutut, kabel data ma Irda. Menurut saya, peringkat pertama ke KABEL DATA, BLUTUT kemudian baru Irda hehe….

    Selamat mencoba ya…moga sukses….

  3. leebra says:

    @Julis :

    merek blutut si gak masalah mas, sya pernah coba pke bilionton, bs juga.

    Gak bisanya apa ya mas?? maksudnya muncul erornya apa??mungkin setelah saya tau eror yang muncul apa, lebih mudah dicari tau solusinya :D…

  4. Julis Suryadi says:

    Ok ok. Its all over. Semua udah kelar setelah ku oprek kesana sini akhrnya bisa jg (menurut pengalamanku nok mdm option sih gak diperluin, malah gara2 hal ini aku bolak balik gak ketemu, kucoba lgs via blutut hp><komp dgn jalan yg ditnjkkan melalui blog ini hasilnya otre bgt. Walau musti sabaaaaar bgt. Di kompku max 25 kbps atw 3,xx kBps.
    Eniwei makasih bro atas semua inspirasinya. GBU

  5. leebra says:

    @Julis :

    Wah selamat mas, moga “eksperimen” mas Julis bs bt inspirasi temen2 yang laen.sya jadi pengen nyoba tanpa nok mod opt’nya…

  6. leebra says:

    @abdul :

    setauku 6600 tidak menggunakan kabel data tetapi pakai blutut + irda aja….mungkin kalopun ada kabel dta 6600 sya belum pernah coba koneksi dengan kabel data… maaf…

  7. leebra says:

    @kecenk_42 :

    masnya pake hape apa? Klo tidak salah itu butuh software dari hapenya, misal klo sya 6600 itu brrti butuh software Nokia_modem_options dari web nokia, klo untuk hape laen mungkin anda bisa buka ke webnya dulu🙂

  8. mamat.gonjay says:

    wahh. semua saya udah ikutin step by stepnya. tapi pas dial-up networking muncul pesan ppp protocol was terminated terus.. mohon bantuannya..

    **saya pake N6600
    ***merk blutut saya bradcomm

  9. arsa says:

    weh mbk leebra thanks bwt infonya. saya dulu dah nyoba bwt modem hape n6600 saya, tp gak sukses2. stlh googling trus ktm ma blog ini:) baru tau klo nokia bwt modem perlu driver nokia modem option.
    soalnya wktu pake hape mas saya g perlu pake driver..:P
    once more thanks y bwt infonya…

  10. leebra says:

    @arsa :
    Hehehe….iya, saya dlu jg berfikiran begitu..kirain pke PC Suite, trnyt mlh tinggal nambah itu doank…okedeh..met ngenet2…btw, jgn lama2 ntr kasian hapenya kepanasan…hehe…

  11. Friend says:

    Mbak, hape saia N 6020, bisa buat modem ga ??? kalo bisa gimana caranya ? pake kabel data ya ? punya kabel datanya ga mbak ??? kalo ada bagi donk…
    Gratis aja yah…

  12. leebra says:

    @Friend :

    punya mas fren, tp msh ketinggal di toko😛 diliat ae di hapemu ada fasilitas yg tulisannya modem pa nggak?hehe nk ada brrti bisa..

    Btw2, thanks ya buat TIPS olahraga lidah kemaren hehe…gawe blog fren…!!

  13. Friend says:

    Olahraga yang rajin yeh..
    Wah aku dah punya blog, telusur aja lewat blog temen temen ato tanya uncle google masukkin namaku Friend Bilad Hasan….beres tuh.

  14. leebra says:

    @thenmas :

    nggak mas, insyaAllah bisa pakai bluetooth merek apa aja..:) bluesoleil cm buat contoh mas🙂

    nb : saya masih cewek🙂

  15. z4ky says:

    mbak leebra thank lo infonya (hp ane jg 6600), ohya aq hr minggu mo beli USB Bluetooth (lupa merk) tapi gak ada cd drivernya hrg 75 rb, kira2 kbc gak di windows and compatible gk kl dipke buat koneksi

  16. leebra says:

    @z4ky :

    oke, sip mas z4ky, met mencoba. Kalo kebaca sih iya mas, kan itu konek dr usb, usb kan kemana2 bs hehe… saya pernah ngliat ada yg coba pke bilionton ataupun bluesoleil. Kalo untuk merek lain, saya kurang tau. Btw, saya coba pake 7610 juga bs kok🙂

  17. yogie says:

    mbak tlg bntu saya,saya uda coba utk download modem optionsnya 6600 tp g bs2…
    Tp giliran da bs didownload pas di instal eror..Gimana mbak?
    Kl mbak ada modem optionsnya krm ke email aq aja ya…Please bantu saya

  18. iwan says:

    mbak saya dah ikutin petunjuk diatas, tapi koq ga bisa yah konek internet ? mohon dibantu mbak , mungkin ada yg salah. saya ulangi langkah 2x siatas beberapa kali, tetep ga bisa ? HERANNNNNNNNNNNN ?/ TOLONGINNNNNNNNN , BANTUINNNNNNNNNNN dong please

  19. iwan says:

    hp nya nokia 6600, blutut trus setingan nya sama …. haduh cape dehhhhhhhhhhhhh…… kasian deh gwa mmmgaptek amat sih ??????? bantuin dung

  20. Noe says:

    @iwan :

    coba mas download software bluesoleil untuk seri yang terbaru. Websitenya kalau ndak salah di http://www.bluesoleil.com
    Software disitu memang berbayar, kalau anda bisa silahkan cari cracknya banyak di google..
    Saya mau upload jamu-nya agak susah, 16 Mb, ngangkat make tflash agak berat😀

    software yang baru itu lebih mudah pemakaiannya🙂

  21. mocha says:

    saya coba ya….sepertinya bakal berhasil…
    eh, ada masukan gak kalo pake linux gmana?
    trus kalo indosat IM3, tarif per kapasitas 1kb nya berapa ya???
    setauq terakhir 1 rupiah aja per kilo byte nya. tp sekarang brp ya?
    Thx b4

    • Noe says:

      kalau pake linux keknya kita pakai wvdial bro…but buat step by stepnya googling yak… IM3 keknya masih seperti yang dulu *duh kyk lagu aja🙂 *

  22. Pembawa sial T_T says:

    Mba..Tlg sy y..Sy dh cba smua lgkahnya,tp ko ttp g bs y..Mlahan smp hp sy skrg g isa smsan krn sy otak atik jg.Buat infrmsi sy pke blutut usb dongle yg g pke driver,hp sy 6600,cardnya jg m3.Mhon solusinya y mba..Thnx

    • Noe says:

      @pembawa sial T_T :

      hapenya uda bisa nerima sinyal blututnya nggak? and biasanya kan ada drivernya, kalau nggak kan susye di deteksi kan bro🙂

  23. Warto says:

    Hp aku nokia 6600, blutut pake blusoleil. Aku dah ikuti langkah2nya tp gak bs konek. Muncul pesan eror: eror conecting to blutut DUN conection. Opening port… Eror 668: the conection was terminated. Piye ki mba

    • Noe says:

      coba di cek di properties koneksi kamu, di Tab General ada tulisan Connect using… kamu centang Bluetooth DUN Modem (klo km konek pke blutut, )…

  24. Saeful says:

    Mbak.Apa ada yg salah ama compter saya.Hp n6600 saya cobain utk transfer photo ke pc tapi ga ada ya. padahal ada perintah dari pc” apakah anda mau menerima perangkat microsoft”tapi pake erickson k750i lancar kirim photo. Whay ?

  25. Smuth says:

    Mb’ mhn bntuanya dunx,q dh iktn cr d atas tp mcl eror 734,ppp link was terminatet? Knp y? Sy cb googling katanya ada yg pkè extra seting?

  26. Matt says:

    Thanks aku dah bisa nyambung..Aku pake axis,tapi kalau ganti kartu axis yg laen kok gak bisa? Verivying card..Ok..Username ok..Network ok..Tpi waktu masuk Internet explorer error connection..Trims

  27. jimmi says:

    Kok saya ga bisa konek ya, pdhl klo internetan di HP bs loh..
    langkah2 uda step by step plek ngikutin petunjuknya..
    tolong dong..
    conecting failed terus

    • Noe says:

      di handphone buka Bluetooth — My Phone’s name –> kalau gak ngerti silahkan pake translate.google.com kalau gak bisa bahasa inggris..
      🙂

  28. Kk.Rocky says:

    ooooooh iya satu lagi nich………….
    di komputernya harus di pasngin blutut tambahan juga ga………..?
    kan ada tuh blutut yg tambahan mirip USB yg di pasang di belakang aja………….?

  29. niko says:

    Link nokia6600 modem option.exe nya kok ga bisa? Ada yg laen ga? Btw saya beli blutut merk TECGO 50rb n g ada drivernya.
    Kra2 bisa ga? Kalo pke axis no.Dialnya brp?

  30. niko says:

    Udah bisa sampai tahap ini,ngikutin tutor:
    1. Aktifkan Bluetut di Hape
    2. Buka Phone and Modem Options (Control Panel), Pilih Tab Modem > Add > Kasih Centang di Dont Detect my Modem, i will select from my list> Next > Di Manufacturer, pilih Nokia, di Model pilih Nokia 6600> Next > Selected Ports, pilih Com12 (ini utk bluesoleil). > Next > Bila minta di install, install > Continue Anyway > sampai Finish.
    Tapi..
    merangsang
    [21:06]
    Tp di laptopku adanya COM4 dan COM5 n dah aq add semua.
    Tp kok g ada plhn konek dgn hpku nokia 6600? Gmn neh?
    O iya,aku pke bluetooth TECGO 50rb yg tnpa driver tp dah bs detect.
    Help solusinya..Apa kudu install software ato gmn? Gaptek bgt neh..Apa krn blututku ga ada driver ato gmn? Tolong secepatnya

    • Noe says:

      tolong anda coba dulu langkah ini :
      – apakah anda bisa transfer image dari hp ke komp atau sebaliknya?
      – apakah komputer anda dapat mendeteksi adanya blutut yang nancep di kompienya?

      kalau bisa, gak masalah anda gak punya driver.
      kalau tidak bisa, kemungkinan besar anda butuh driver alat anda.

  31. Reydan says:

    oia , pas saya sudah dunlud Nokia_6600_Modem_Options.exe . langsung di instal kog gag bisa ya mbk
    tolong bantu saya
    kirim ke almt email saya ya ?

    • Noe says:

      mh….saya kurang tau jhe mas sigit… dulu sih saya beli di deket kanisius, tp selang 6 bulan dari tgl saya beli, temen mau cari yg bluesoleil jg rada kesusahan…
      apa mungkin stok memang dikit, kurang tau jg🙂

  32. Toto says:

    Aku udah install software bluetooth dan nokia 6600 modem tapi gak bisa konek antara komputer dan hpku, di komputer serching device tidak diketemukan di hp ditemukan bluetooth dengan nama komputer tapi muncul “tidak dapat dipasangkan dengan komputer”
    kenapa tuh klw begitu ? Minta pencerahannya donk. Terima kasih sebelumnya.

  33. Toto says:

    Aku dah install software bluesoneil dan driver modem n6600, tapi bluetooth komputer tidak mau ngedeteksi hp padahal udah aktif bluetoothnya dan bluetoot di hp dapat ngedeteksi komputer. Tolong dong ada yang bisa bantu saya ?????

  34. Anto says:

    Mas salam kenal.Saya dah baca blog ini trus saya coba tapi pas saya coba com portnya ga ada com port 12 nya ga ada(ga ada com port selectnya.Gmana ya mas

  35. anto says:

    salam kenal mas!! sesudah saya baca blog ini saya langsung coba. terus saya langsung install modem optionnya nah sudah itu saya buka tab modem addnya semua lancar tapi pas di selected portnya ga ada pilihan com port 12 seperti yang ada di panduan mas. nah gimana tuh mas mohon batuannya. terima kasih sebelumnya

  36. dyR4 says:

    waaah….. ini niihhhh yg gw cariii…..

    tpi massss…. download nokia 6600 modemnya dimana y….
    bingung niiih uda googling dimana2 g ktmu juga…….

  37. Rocco says:

    Wah klo ni aneh udh pake nokia modem option blutoot bluesoil kq tetep gk bs konek. Ket: hp ma com udh konek sih tp pas dial gk pernah bs nyambung pdhl settingnya udh sama contoh cm bedany portku cm pe 11 trus aku jg pake axis,, kira2 knp ya? Nb. Driver bluesoil pas udh diinstal kq tulisanny gk kebaca y.. Pa da yg slh ma masternya? Tanks

  38. Hendra says:

    Mbak saya ada sedikit masalah neh.. Gini ceritanya saya juga pake nokia 6600 n blutut yg sy pake merknya sama sperti yg mbak pake dan sy juga pake kartu Im3 lalu sy jg ud ngikutin langkah2nya mulai awal sampai langkah akhir. Tp kok gini ya mbak… Anu…
    gini lo mbak…
    Apa ya…
    Oh iya gini masalahnya..
    Tiba2 kompie saya bisa buat internetan..
    Hehe..
    Tegang amat..

Leave a Reply

