Tanda-Tanda Kebohongan ??

MENARUH kepercayaan tidak selamanya berbuah baik. Banyak kepercayaan yang diberikan berbalas dengan efek negatif. Bahkan sebuah bisnis bisa hancur karena kepercayaan yang diberikan pada orang yang salah. Pemahaman tentang patner bisnis tentu sangat penting jika tidak ingin tertipu.

Luka karena penipuan mudah ditemukan. Tekanan emosi karena dikhianati akan mengakibatkan hilangnya kepercayaan diri dan membuat seseorang sangat paranoid. Kondisi tersebut tentu akan membuat karier bisnis seseorang hancur. Kepercayaan pada supplier yang tak jelas tentu akan merugikan perusahaan Anda.

Tapi jangan takut. Ada beberapa tips untuk mengenali sebuah kebohongan dari seseorang atau mitra bisnis kita.

1. Sentuhan hidung: jika seseorang melakukan kebohongan biasanya diikuti dengan kebiasaan menyentuh hidung yang lebih sering. Memang seringnya seseorang menyentuh hidung bukan jaminan sebuah kebohongan, tapi seringnya menyentuh hidung telah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang yang berbohong. Tentu saja, terkadang seseorang akan menyentuh hidung karena kedinginan atau sebab lain.

2. Gaya bicara: ketika seseorang berbohong biasanya akan membicarakan hal yang sederhana menjadi terkesan kompleks. Kejelian menganalisa permasalahan tentu sangat diperlukan. Biasanya orang yang berbohong akan panjang lebar dalam berbicara. Selain itu dari pembicaraan juga dapat ditemukan tanda kebohongan lalinnya. Biasanya bila seseorang berbohong akan terlalu lama berpikir sehingga jeda bicara terlalu lama. Dan kata ehm..eee..dan ah.. akan sering ditemui dalam perbincangannya.

3. Kelakuan yang berbeda dari biasanya: Ketika seseorang berbohong biasanya akan ditandai dengan tingkahnya yang lain dari biasanya. Gejolak pikiran dan ketakutan ketahuan akan membuat seseorang yang berbohong bertingkah aneh. Terkadang orang yang berbohong karena tidak enak menolak akan diikuti gerakan yang tidak biasa seperti mengusap rambut atau mengalihkan pandangan.

4. Menggosok leher atau mata: seseorang yang berbohong juga dapat ditandai dari gerakan menggosok leher. Oleh karena itu jika seseorang yang diserahi tugas langsung menggosokkan leher kemungkinan besar dia tidak siap atau keberatan meskipun mengatakan “ya”. Memang hal tesebut bukan jaminan, namun jika mengacu pada ilmu psikologi seseorang kemungkinan tersebut adalah benar. Selain itu, orang yang berbohong juga dapat dilihat dari gerakan menggosok mata. Seseorang yang tidak percaya dengan pernyataan seseorang akan menggosok mata sebagai bentuk pengalihan emosinya.

Dengan beberapa tips mengenali kebohongan tersebut, tentu diharapkan dapat membantu menghindari sebuah kebohongan yang dilakukan seseorang. Meskipun tidak mutlak, namun perilaku tersebut sering dipakai seseorang yang berbohong. Waspadalah ….

Sumber : Okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s