Cara Bikin Paspor (via Online)

Bikin paspor?? dalam setahun belakangan belum kepikiran sih sebenernya hehehe karena dipikiranku, pinginnya piknik ke dalam negeri aja dulu, puas2in di dalam negeri… Nah habis itu dah pergi ke negara lain (cari pengalaman *tsaaaah kibas jilbab*)….

Tapiii etapi… ni dipanas2in sama si lelet sama esteh…*ah kalian bener2 dah*, yang katanya dapet tiket promo ke negara tetangga yang murah… biasalah ya maskapai AA itu kalau bikin promo ya lumayan bikin ngiler wkwkwk…. kepengen dong ikut, mumpung ada partner in crime disana *ya kalo jadi, tiketnya udah mahal sekarang, malah curhat!* Cuma ya itu masalahnya, kepentok kagak punya PASPOR!!…

Yasudahlah, mau gak mau bikin lah paspor, meskipun kepikiran jadi ikut kagak wong tiketnya woow wkwkwk….. Dah yang penting punya dulu, sapatau entar2 bisa ke Jepang wkwkwk…

Begini caranya :
1. Buka https://ipass.imigrasi.go.id:8443/
2. Klik pada gambar biru tertulis “Pra Permohonan Personal”
paspor1
3. Jangan lupa isi bagian Kantor Imigrasi (sesuaikan dengan kanim dimana kita nanti datang untuk verifikasi data, foto dan wawancara)
4. Isi semua kolom sampai selesai yak.
5. Kalau sudah sukses, nanti ada email masuk dari sistem paspor online-nya itu.

Sebenarnya sampai sini, proses pertama permohonan paspor sudah selesai. Nah, masuk ke step selanjutnya xixixixi (proses kedua hahaha macam lagi masak aja :p)

1. Sudah terima email dari SPRI ? Apa sih isinya? Nah isinya adalah biaya pembuatan paspor yang harus disetorkan melalui Bank BNI. Jumlah yang tertera (Bulan Maret 2016) adalah Rp. 355.000, biaya pembuatan paspor Rp. 300.000 dan Rp 55.000 untuk pendaftarannya (kalau tidak salah, maap yak :D)
2. Bawa print out email tersebut, bawa ke Bank BNI terdekat. Jangan lupa bawa uangnya sekalian xixixi.
Batas Pembayaran di Bank BNI adalah 5-7 hari (dapet info dari Mas Teller BNI, karna apply pasporku yang pertama udah expired, jadi daftar ulang dah).
3. Proses pembayaran di Bank BNI selesai?? Jangan buang bukti pembayarannya, SIMPAN JANGAN SAMPAI HILANG.

Nah proses kedua sudah selesai ya, kita lanjut proses ketiga xixixi
1. Buka halaman paspor online yang tadi, masukkan nomor permohonan. Nah kalau sudah melakukan pembayaran, otomatis muncul pilihan tanggal untuk melakukan foto dan wawancara di Kanim yang sudah dipilih tadi. Tanggal yang aktif (bisa dipilih) kemarin itu 2 minggu setelah waktu pembayaran, nah pilih tanggal berapa kira2 bisa ke Kanim.
2. Lanjutkan prosesnya sampai selesai.
3. Saat sudah selesai, kita bakal dapet email dari SPRI yang isinya jadwal kapan kita ke Kanim dan apa saja yang harus dibawa saat ke Kanim (selain yang tertulis di web imigrasi).

Dan selesai prosesnya.!!

Gampang kan? Nah yok bikin, soal entar perginya kemana pikir belakang, yang penting 5 tahun ke depan sudah amaaan…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s